Senin, 14 Mei 2018

Menginap di Maroko, Riad atau Dar?


Apa itu Riad, apa itu Dar? 
Riad saya di Marakesh

Kalau mau travelling kalian biasanya pilih nginapnya dimana sih?
Nah kalo kalian mau ke Maroko pilihan terkenal selain Hotel dan Hostel adalah Riad atau Dar.
Riad dan Dar tu apaan sih? Apa bedanya dengan hostel atau hostel?
Baiklah jangan panik, pasang kuping baik2 ya:

Riad 
adalah sebuah rumah tradisional yang besar memiliki gaya asli penduduk disana. Biasanya berlantai 2 atau lebih, memiliki banyak kamar. Memiliki ruang tamu ditengahnya dan taman yang mini, dan memiliki Fontaine. Dari Ruang tamu dan taman ini lurus keatas sampai ke atap, tidak ditutup atau tidak beratap. Wuaah kalo hujan gitu, ruang tamu bisa basah kuyup dan kemasukan air doong. 

Keluarga Maroko biasanya adalah keluarga yang besar. Dirumah, pasti akan selalu ada orangnya. Jadi kalau pas hujan, pasti akan ada yang selalu bisa menutup celah  tak beratap ini.
Teras diatas atap
Biasanya, typically atap rumah Riads tidak menggunakan atap, tetapi lantai atap paling atas ini di cor dengan beton rata sebagai atap, dipagari lalu dijadikan teras di atas atap untuk tempat santai atau sebagian di pakai untuk tempat jemuran pakaian. Sangat effiesien sebenarnya untuk rumah kota yang sempit dan tidak bertaman.
Taman dan tempat duduk2 di ruang tengah  atau ruang tamu lantai paling bawah disebuah Riads ini sering dijadikan ruang pertemuan keluarga sekali gus jadi ruang makan.
Riad di design penuh dengan gaya artistik, penuh dengan cita rasa seni. Memiki teras, taman dan tenda diatas atap untuk bersantai atau untuk berjemur menikmati matahari disaat musim dingin telah lewat.
Riad adalah istana kecil untuk keluarga kaya di Maroko.

Dar
Dar di dalam bahasa Maroko berarti rumah. Namun ini merupakan rumah biasa. Bahkan kalau dilihat dari luar sangat sederhana.
Tetap berlantai2-3 tapi tidak memiliki taman dan lebih sempit dari Riad.
Katakanlah Dar itu bagaikan rumah bertingkat yang berbentuk ruko panjang atau apartement panjang namun dari lantai 1-3nya hanya dimiliki 1 keluarga. Menurut teman saya yang orang Maroko, Dalam sebuah Dar, biasanya lantai 1akan ditempati oleh orang tua jika mereka sudah tua, juga sebagai ruang tamu umum. Lantai tua akan di tempati oleh anak2 perempuannya dan dapur. Sedangkan lantai 3 akan di tempati oleh anak2 lelakinya karena mereka dianggap lebih kuat dan membuat akses mereka lebih mudah untuk keluar masuk ke teras di atas atap.

Sajian teh ala Maroko
Kalau dirimu berminat untuk mengunjungi Maroko, saya sarankan untuk mencari akomodasi dan menginap di Riads saja. Biarkanlah dirimu merasakan sensasi untuk menjadi putri atau pangeran Maroko beberapa hari, sensasi untuk menikmati sebuah istana kecil di maroko ini karena harganya masih sangat terjangkau banget.
Ketika saya ke Maroko pun saya sengaja memilih untuk menginap di Riad untuk sekedar merasakan Istana kecil orang Maroko ini.
Riad Hanafi yang saya tempati termasuk kategori sederhana namun sudah lumayan megah dan mampu membuat saya merasa bak Putri. Dengan harga 15 €/malam tidak ada yang perlu kita komplain disini. Dan harga ini pun sudah termasuk sarapan pagi dan sajian teh Maroko setiap sorenya.

Alamat Riad Hanafi, P2008 BAB TAGHZOUT .DRB IHIHANE N 17 MARRAKECH MAROC, Medina, 40000 Marrakech, Morocco Carolina Varga Dinicu
Ownernya berbahasa Inggris dengan baik.
Maroko murah boooooo.....


Sarapan kami ala Maroko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar