Kamis, 26 April 2018

Kasbah Ait Ben Haddou, Maroko

Kasbah Kuno tempat pembuatan film

Kasbah Ait Ben Haddou dari kejauhan
Adalah sebuah Kasbah tua yg dibangun dari lumpur dan tanah lihat.
Tempat ini menjadi bagian target utama wisatawan ketika orang berkunjung ke Maroko.
Karena sejarah ketuaan dan keunikankannya dan juga posisinyalah maka Kasbah Ait Benhaddou ini menjadi ajang pembuatan film2 kolosal terkenal diseluruh dunia seperti :
*Sodom and Gomora
*Gladiator
*Simson and Delila
*The Bible
*Abraham
*Indiana Jones
*Lawrance of Arabia
*The Jewel of The Nile
*Asterix
*Queen of the Desert
*Prince of Persia dll..

Untuk kesini bisa naik travel bus atau bus umum dr Marrakesh ke Ourzazate. Bus dari Marakesh tiap kali cuma 1x berangkat. Kalau naik grand taxi dari Marrakesh harga berkisar sekitar 200-300 dirham. Tapi kalu mau share taxi bisa sekitar 50 dirham per orang. Dan dari Ourzazate naik taxi kesini paling juga 30 dirham, kalau share dikenakan antara 5-10 dirham per orang. negolah yang kencang dgn orang maroko yg pinter ngomong.

Kalau kesini gak perlu nginap sebenarnya ( saya milih nginap krn besoknya mau ke padang pasir), kesini cukup bolak balik aja karena dlm jangka waktu 1 jam, kita pasti sdh selesai keliling Kasbah termasuk foto2 dan selfie.

Harga masuk Kasbah cuma di tarok begini
Masuk ke Kasbah ini cukup bayar 10 dirham atau kurang lebih 1 euro.
Cara menemukan atau menuju Kasbah itu gampang banget. Kampung disini sangat kecil, kampungnya hanya sepanjang jalan raya yang dekat ke Kasbah aja. yYang ada penduduknya, hotel hotel dan restaurant itu sudah pasti berada dekat Kasbah. Untuk menuju Kasbah palingperlu jalan 5 menit aja dari jalan raya sdh bisa sampe ke sana. Kalo tidak tahu jalan tanya aja pasti dikasih tahu.

Kalau mau menginap di Ait Benhaddou juga  tidak apa apa  karena penginapan disini lumayan murah. Saya aja bayar 200 dirham (18 euro) sudah bisa mendapatkan hotel bagus dengan  view ke Kasbah. Hotel La Baraka namanya. Tadinya mereka meminta ku 250 dirham/malam, lalu ku tawar minta 200. Mereka bilang kalau mau yang harga 200 ambil kamarnya cuma bisa di kamar yang paling atas, di Lantai 3.Lucunya ketika saya lihat, justru kamar paling atas ini yang paling bagus menurutku karen langsung menghadap teras dan terasnya luas bisa memandang 360 derajat ke seluruh Ait Ben Haddou juga ke seluruh Kasbah.  Awww..what a luck...Tentu aja saya langsung mengiyakan.

Disini jg aman banget kata orang lokal, krn polisi berpakaian preman ditempatkan dimana2 bertugas menjaga keamanan tourist spy tidak terjadi kasus pelecehan, pencopetan, penipuan dll karena penduduk disini mata pencahariannya ya hanya dari tourist.
Mereka sangat takut hal jahat disini terjadi, takut kalau tourist tidak mau datang lagi.

Catatan: Jika kalian menyeberang sungai melalui karung pasir yang di pakai untuk melompat menuju Kasbah, jangan pernah mau dibantu sama anak anak yang menawarkan bantuan. Jangan pernah mau dipegang tangannya, dibimbing apalagi di bawain barangnya. Kalian akan kecele karena akan ditagih bayar. Aku yang udah mati matian nolak aja ditagih bayar karena mereka sudah nemenin jalan disebelah ku jar.
 Laah....anak anak ini,  belum tahu dia kalo emak ini galak. Langsung tak omelin pake bahasa apa aja gak perduli mereka ngerti atau ndak. Tak balikin kata2nya " kenapa lo mau ngekor disamping maaaass." Terus mereka mengkeret ngga jadi lanut nagih dan pergi mengejar turis lainnya. Duuh.. Tourist scammers banget deeh...!!!


Teras Hotel kami
#AlceMaroko
#AlceAitBenhaddou
#AitBenhaddou
#Maroko



Tidak ada komentar:

Posting Komentar