Selasa, 24 April 2018

Chefchaouen si Kota Biru yang menawan

Si cantik Chefchaouen, The Blue city.

Tadinya aku justru nggak tahu kalo kota Chefchaouen(baca: shefshawan) justru menjadi bagian penting bagi orang Maroko. Ceritanya, aku secara tidak sengaja melihat foto menawannya muncul di instagram. Search di Internet lebih dalam lagi ternyata sangat menarik sekali sehingga aku merasa wajib harus kesini kalau aku ke Maroko.

Kota unik dan antik ini adalah salah satu kota tertua di Maroko. Kota kuno dan unik terletak di daerah pegunungan Rifs Mountain yang terkenal dengan alamnya yang indah bagaikan lukisan yang dibuat Tuhan dengan indahnya untuk manusia..
Kota ini unik karena semua bangunan kunonya yang terletak di Medina (Kota Tua) berwarna biru. Sering dijuluki sebagai kota Biru dari Africa Utara, memiliki arti tersendiri mengapa semua dibuat berwarna biru.

Penduduk disana mempercayai bahwa warna biru adalah sebuah warna suci dan juga digunakan mereka sebagai ungkapan rasa rindu kepada kampung halamannya jika mereka mengembara jauh.
Di balik pegunungan Kota Chefchaouen ini terkenal dengan ladang ganja dan marjuana nya. Untuk kesana tidak bisa dilakukan dengan mobil biasa tapi harus dengan mobil 4x sebangsa land cruiser yang ber horse power. Ini karena letaknya sengaja dibuat didaerah yg paling tinggi supaya aman dan susah dicapai.

Saya tidak ke ladang itu. Karena mereka hanya mulai bertanam di ladang sekitar bulan Mei dan panen berakhir di bulan juli. Jadi diluar bulan itu ladangnya kosong.
Kalau kalian mau nyoba Marijuana atau Hashis, maka dikota inilah tempatnya. Ngga perlu susah mencari, cukup berjalan didalam kota uniknya maka akan banyak penduduk lokal yang menawarimu

Kalau kalian melihat ada beberapa orang seperti orang aneh atau orang gila di jalan jangan mengira mereka adalah orang yang gila atau orang yang kurang setengah ons, mereka adalah orang yang lagi make dan nyeranyau ngga jelas karena udah kena dosis tinggi..

Marijuana dan Hashis tidak dilarang di Maroko tetapi juga tidak dilegalkan secara resmi.Pokoknya yang mau make make daahh...Nah looh..
Tapi ingat! Semuanya hanya bebas saat kalian berada di Maroko, jika kalian menggunakan, saat kalian melintas pulang hati2lah. Cek dengan teliti barang bawaan kalian siapa tahu ada yang keselip, karena dinegara lain ini akan menjadi kasus pidana.

How to get there?
Tidak ada jalur Kereta Api ke Chefcahouen, cuma bis Supratour(bus exclusive ala Safari Dharma) atau bis umum yg harga dan schedulnya bisa di check melalui website:
www.ctm.ma.

Kalau kalian mau naik taxi kesini juga bisa. Naik nya naik "Grand Taxi" namanya, sebuah taxi mobil berwarna coklat susu khusus taxi antar kota. Taxi ini adalah share taxi dengan beberapa orang, atau kalau di Indonesia dinamakan travel. Tunggu penuh baru berangkat, dan kalau dari Tangier harganya cuma 100 Dirham /oneway.

Kota kuno yang penuh dengan warna biru itu berada didalam Medina(Kota Tua) terletak dilereng pegunungan. Jadi ketika kita sampai di stasiun kota Chefchaouen kita harus berjalan sekitar 15 menit menuju kota biru. Dan kalau bawaan kalian berat atau berupa koper sebaiknya jangan menginap di dalam Medina karena jalannya yang penuh undakan dan tanjakan.

Ingat! Ini adalah kota tua! Pada saat mereka membangunannya mereka tidak berpikir untuk membuat fasilitas jalan berkendaraan karena jaman itu kendaraan belum eksis yang ada cuma kuda... Tidak ada satu kendaraan pun yang bisa masuk ke dalamnya karena jalannya yang sempit, berbatu dan menanjak. Koper tidak akan bisa tergeret utk bisa masuk kesini.
Peringatan keras!

Saran saya cari lah hotel di sepanjang jalan di luar Medina. Disana taxi dan mobil lancar lewat. Dari Stasiun bis ke jalan raya di pinggir kota Medina paling seharga 10 Dirham, atau katakan lah 1 dollar atau kurang dari 1 €.

Akomodasi dan kota makanan di kota ini juga murah asal kalian tidak membelinya didalam Medina. Tidak harus tooh...get out some hundreds meter ajaloh maka aman bagi kantongmu.
Semoga tulisan ini membantu bagi yang mau kesana.


Sekian.
#AlceChefchaouen
#AlceMaroko




Tidak ada komentar:

Posting Komentar