Jumat, 24 November 2017

POLA MAKAN DI NEGARA BARAT

TABLE MANNER ALA BARAT

Pengen tahu makanan dan sarapan ala kami di Barat?
Dikehidupan eropa atau di negara barat umumnya, makanan utamanya adalah roti dan kentang. Roti nya adalah roti tawar karena bule tidak suka yang manis. Selain kurang sehat karena pasti ada kadar gulanya juga karena roti dimakan dengan sayur2an dan daging maka makannya kurang enak kalau rotinya manis. Roti itu bagaikan nasi utk negara barat, yang bisa dimakan utk pagi siang dan malam. Sedangkan kentang juga bagian dari makanan utama karena selain sangat mengenyangkan, berkarbohidrat rendah *lebih rendah dari nasi* juga kentang bisa membuat rasa kenyang bertahan lama. Cuma kentang tidak dipakai untuk sarapan tetapi lebih sering dipakai untuk makan siang terutama makan malam. Biasanya kentang lebih banyak direbus atau dipanggang di dlm oven. Kentang dibuat baked Potato,kroket, gratin, Mashed Potato yang semuanya sebenarnya sederhana cara pembuatannya namun enak dan sangat mengenyangkan.
Di keluarga Jerman umumnya dan di keluarga kami khususnya makan bersama itu masih merupakan ritual penting. Nggak nyangka kan..??

Didalam keluarga kami,  Aku, suami, Ayin (keponakan yangaku ajak tinggal di Jerman), dan anakku Ribka sarapan pagi dan makan malam bersama di akhir pekan adalah sesuatu yang penting. Dihari biasa kami tidak sarapan pagi bersama karena semua pengen cepat berangkat untuk urusannya sendiri sendiri. Tapi kalau malam hari kami usahakan untuk selalu makan malam bersama dan saat makan kami wajib menceritakan masing2 kegiatan kami hari itu. Hari sabtu dan Minggu adalah acara wajib bersama karena semua tidak kerja dan tidak sekolah. Saat menyiapkan makanan di meja makan, kita usahakan semuanya terlibat termasuk sang Ayah..
Entah itu angkat2 atau sekedar ngelap2. Jadi tidak ada cerita cuma emak atau perempuan dewasa aja yang wajib ngurus rumah dan dapur. Yang begini ini...kayaknya rata2 semua pasangan dan keluarga Jerman sama looh.

Dalam kehidupan barat pun mereka tidak suka membuang2 makanan *bukan karena alasan hemat saja* tetapi mereka menanamkan untuk menyayangi makanan. Hargailah makanan anda yang telah anda usahakan dengan bekerja keras untuknya*. Mereka tidak menyiapkan makanan yang berlebihan. Mereka membuat makanan seperlunya saja, sesuai takaran rasa lapar yang kira2 sekali makan langsung habis. Karena mereka pada umumnya tidak suka memakan makanan yang sama setiap kali makan.
Ketika makan Ribka atau Bapaknya yang selalu memimpin doa *kami masih berdoa lhooo..* Doa sebelum makan juga bagian dari acara wajib keluarga kami. Karena kami ingin selalu bersyukur untuk berkat yang kami terima. Sebagai anak kecil sering Ribka komplain kenapa dia yang sering disuruh memimpin doa karena dia kecil. Yang selalu kami jawab,  karena waktu kecil kami juga sudah sering mimpin berdoa..hahahaha....

Saat makan tidak boleh seorangpun memegang Hp di meja makan, tidak ada yang menerima handphone kecuali itu sangat penting banget. Juga tidak ada TV yang menyala. Semua harus menghargai waktu kebersamaan didalam keluarga. Kalo yang sudah selesai makan pun tidak boleh langsung bangkit dan pergi. Harus menunggu sampai semuanya selesai baru boleh permisi berdiri *permisi itu wajib*. Yang makannya selesai duluan bisa menggunakan waktunya untuk menceritakan kegiatannya hari itu.
Demikian cerita ku semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar